blog_img1

Kenali 'Support System' Terbaikmu

  •   15 Desember 2023

Di saat RekanMKU mengalami keadaan yang sangat bahagia atau sedih, kecewa, bagaimanakah kalian menanggapinya?

Apakah sering berbagi rasa dengan orang lain. Kepada siapa saja biasanya kalian berbagi perasaan tersebut?

Individu yang berbagi rasa dan menjadi pendukungmu, inilah yang disebut dengan Support system.

Kata “support” artinya dukungan, sedangkan “system” berarti sistem atau jaringan. Secara istilah, support system adalah pendukung dalam kehidupan seseorang.

Siapa saja yang dapat disebut menjadi Support System?

Menurut sumber(**), berikut beberapa kemungkinan support systemmu :

  1. Keluarga, mulai dari ayah, ibu,  kakak, maupun adik yang selalu ada dan mau mendengar cerita kamu.
  2. Sahabat dekat, sosok yang sangat tahu sifat dan kepribadian kamu, sehingga ketika ada masalah mereka langsung peka.
  3. Teman yang selalu menghargai diri kamu, baik saat senang maupun sedih selalu ada dan tidak pernah meninggalkan kamu sendirian.

Support system juga bisa dikatakan sebagai relasi atau hubungan yang mendorong seseorang menjadi ke arah keadaan yang lebih baik.

Apabila #RekanMKU baru berkenalan dengan seseorang, tentu akan sulit untuk langsung menjadi support system. Biasanya mereka yang sudah mengenal sifat dan perilakumu sehiggga paham bagaimana menyikapi kondisimu saat bahagia/ sedih atau marah.

Ciri-ciri kelompok Support System

Dikutip dari sumber, berikut jenis-jenis dalam support system:

  • Mereka yang tulus membantu tanpa diminta
  • Mereka yang selalu mendukung dalam hal emosional serta membuat rasa aman dan nyaman.
  • Mereka yang selalu memberikan informasi terbaru.
  • Mereka yang memberikan dukungan secara nyata.
  • Merka yang selalu memberikan motivasi dan semangat.
  • Mereka yang selalu memberikan dukungan dari belakang tapi tanpa kamu sadari

Manfaat Support System

Dengan adanya support system setidaknya dapat mengurangi stres dan meminimalisasi perasaan khawatir ketika menghadapi tekanan yang bisa mengganggu kesehatan mental. Selain itu, masih ada beberapa manfaat dari support system yaitu :

1. Memberikan Dukungan Sosial

Support system dapat membantu seseorang mendapatkan dukungan sosial dan tidak merasa sendirian. Dengan dukungan sosial, seseorang mampu terhubung dengan dunia luar sehingga menimbulkan terjadinya interaksi. Ini menjadi salah satu cara yang bagus untuk mencegah terjadinya gangguan mental.

2. Mendapatkan Bantuan tanpa Diminta

Bagi sebagian orang yang mengalami gangguan mental, mereka mungkin merasa enggan untuk meminta bantuan orang lain. Dengan adanya support system, ia akan selalu menunjukkan kepeduliannya dan siap membantu tanpa diminta.

3. Memberikan Pengaruh Positif

Seorang support system akan memberikan pengaruh positif sehingga mampu memberikan pengaruh baik bagi diri seseorang. Ketika seseorang memiliki masalah, support system akan memberikan masukan dan saran yang terbaik bagi diri Anda.

4. Memberikan Kepercayaan

Sebagian orang mungkin sangat menjaga privasi kehidupannya dan enggan bercerita kepada siapa pun, sehingga memilih untuk memendam semua permasalahannya. Support system bisa menjadi tempat bagi kamu untuk mengungkapkan segala keluh kesah dan keinginanmu.

Bercerita merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah gangguan jiwa. Selain bisa mendengarkan ceritamu, support system juga bisa menghibur sehingga bisa merasa lebih baik.

5. Meningkatkan Karir

Di tempat kerja, rekan kerja yang supportif, bos yang objektif dalam menilai kinerja bisa menjadi supporter yang ideal. Menurut penelitian, salah satu fkator yang membuat karyawan betah di tempat kerja adalah punya rekan kerja yang saling mendukung.

6.Meningkatkan kualitas Hidup lebih baik

Menurut sumber (***) dalam suatu penelitian, menjelaskan bahwa kehadiran orang yang tersayang akan mendukung individu dapat hidup lebih lama serta sejahtera.

Nah, ada berapa banyak  support system kalian, #RekanMKU ?

Terdapat analisa yang mengatakan bahwa support system tidak selalu dari keluarga, walaupun memang banyak juga yang dari keluarganya sendiri. Beigtu pula dengan grup pertemanan, tidak semua sahabat atau rekan kerja kamu kenal dapat menjadi support system, pastikan hanya memilih mereka yang dapat dipercaya serta mendukungmu di waktu senang ataupun sedih.

Dengan adanya support system yang baik, maka juga akan menjadi #RekanMKU pribadi yang lebih baik secara mental dan fisik dan mental.

Salam Semangat!!

Selamat merayakan Hari Raya Natal  untuk merayakan Selamat Tahun Baru 2024 untuk RekanMKU semuanya

 

Sumber :

 (*) https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/ -support-system-dan-manfaat-kehadirannya-bagi-manusia-20elfvaxl24/full

(**)https://www.detik.com/bali/berita/d-6488477/support-system-artinya-alasan-penting-dan-manfaatnya-memilikinya#:~:text=Support%20system%20yang%20diberikan%20bukan,keluarga%20bisa%20menjadi%20support%20system. 

(***) https://www.liputan6.com/citizen6/read/5128259/yuk-kenali-apa-dan-siapa-itu-support-system-di-dalam-kehidupan-kamu?page=4

(****) https://id.theasianparent.com/manfaat-memiliki-support-system

 

 

Artikel Lainya
New Year : New Me
  • 31 Januari 2023

Awal Tahun selalu diharapkan menjadi awal yang baik bagi tiap individu. Mungkin beberapa dari #rekanMKU sudah mempersiap

Selengkapnya
TEKS PROKLAMASI DIBUANG KE TONG SAMPAH! TEMUKAN 4 FAKTA UNIK LAINNYA TENTANG KEMERDEKAAN RI 17 AGUSTUS 1945
  • 19 Agustus 2022

Tahun ini Indonesia tepat berusia 77 Tahun pada tanggal 17 Agustus 2022. Perjuangan para pendiri negeri ini tidaklah mud

Selengkapnya
Peringatan HUT Mitra Kerja Utama ke 17th Di Masa Pandemi
  • 11 Juni 2021

Bulan Juni merupakan bulan istimewa bagi PT. Mitra Kerja Utama. Tepatnya tanggal 4 Juni 2021, perusahaan ini genap berus

Selengkapnya