blog_img1

MERDEKA DALAM BEKERJA

  •   23 Agustus 2023

Jika mendengar kata Merdeka, apa sih yang terlintas di pikiran #RekanMKU?

Dalam arti yang luas, bisa diartikan sebagai sebuah kebebasan. Lalu apa hubungannya merdeka dengan pekerjaan? Yuk kita bahas.

Kemerdekaan dalam bekerja itu berarti kamu bisa mengaktualisasi dirimu dan mengembangkan kemampuanmu di lingkungan kerja.

Apa aja sih bentuk kemerdekaan dalam bekerja?

1. Merdeka dalam mengelola kemampuan Self Motivation

Dalam proses bekerja, motivasi diri berguna untuk membuat diri kamu bebas bergerak dari pikiran menjadi tindakan. Cara memotivasi diri misalnya seperti menemukan alasan/ motivasi kamu bekerja  atau dengan cara membuat break down tugas menjadi langkah-langkah yang kecil yang harus dikerjakan

2. Memiliki Self Regulation 

Kemerdekaan dalam bekerja juga ditandai dengan kemampuan dalam mengontrol diri dan bebas mengambil langkah-langkah pengembangan diri yang mendukung profesi. Regulasi diri ini didasarkan pada motivasi diri dan kesadaran diri.

Sehingga, jika #RekanMKU memiliki Self motivation dan mengenal diri dengan baik. Selanjutnya hanya perlu mengasah kemampuan dalam mengontrol diri.

3. Kesehatan mental terjaga

Workload berlebihan? Pemotongan gaji secara sepihak? Ditanya soal kerjaan saat sedang cuti?. Semua hal tersebut pasti berpengaruh pada kesehatan mental di tempat kerjamu. Orang yang merdeka dalam pekerjaan pasti kesehatan mentalnya terjaga karena ia tumbuh di lingkungan kerja yang baik.

Pekerjaan yang sesuai workload, atasan yang memberi apresiasi dan tidak banyak “drama”, merupakan lingkungan kerja yang banyak didambakan oleh individu pada umumnya. Namun bukan berarti tidak ada tekanan, melainkan tetap sesuai dengan porsi-nya.

4. Bisa mengaktualisasi diri untuk berkembang

Saat kamu bisa mengaktualisasi diri dan mengembangkan kemampuanmu di lingkungan kerja, diberi tantangan baru dengan gaji sesuai adalah kondisi ideal yang diinginkan oleh semua orang, itu juga salah satu yang disebut kemerdekaan dalam bekerja.

5. Bebas memberi kritik tanpa harus takut di intimidasi

Sebuah kritik jelas diperlukan, agar seseorang bisa maju. Karena memang tidak ada yang sempurna di dunia ini. Tapi terkadang kita takut atau segan memberikan kritik ke atasan atau rekan kerja.

Salah satu bentuk kemerdekaan dalam bekerja adalah kamu bisa memberi kritik tanpa harus takut mendapat intimidasi, surat peringatan, hingga pemecatan. Tapi tetap harus diingat, bahwa sebuah kritik sifatnya untuk membangun, bukan menjatuhkan.

Ketika #RekanMKU mengetahui cara memotivasi diri, mengelola emosi, bagaimana cara membuat list langkah-langkah kerja, maka Anda akan mendapati bekerja dengan lebih produktif.

#RekanMKU tidak akan hanya sekedar menghabiskan waktu 8 jam sehari Senin hingga Jumat atau hanya menunggu gaji di akhir bulan, namun juga akan berupaya untuk pengembangan diri dan profesionalitas dalam karir.

Dengan begini #RekanMKU akan ‘merdeka’ dari perasaan tertekan dan stres dalam bekerja. Akan menikmati setiap proses kerja dan memiliki tujuan jangka panjang dalam pekerjaan. Itulah makna kemerdekaan dalam bekerja. 

Salam Semangat dan MERDEKA!!

Sumber :

https://blog.klob.id/2022/08/15/apa-saja-bentuk-kemerdekaan-dalam-bekerja/

https://paradigm.co.id/id/makna-kemerdekaan-dalam-bekerja/

 

Artikel Lainya
KEUNTUNGAN OUTSOURCING UNTUK ANDA
  • 16 November 2023

Outsourcing merupakan suatu praktik bisnis dimana Perusahaan mempercayakan sebagian tugas dan fungsi operasion

Selengkapnya
Menjadi Profesional
  • 13 Oktober 2021

Profesionalisme adalah hal yang wajib dimiliki oleh seseorang di dunia kerja. Profesional di dunia kerja bisa berarti me

Selengkapnya
Tips untuk pegawai baru : Cara Membuat Kesan yang Baik
  • 22 Juli 2022

Memulai pekerjaan di perusahaan baru memang mengasyikkan. Namun, terkadang hal itu menjadi tekanan karena harus membuat

Selengkapnya