blog_img1

Waspadai Mental Block

  •   19 April 2022

#TemanMKU, sudah pernah mendengar istilah mental block?

Mental block dapat diartikan, sebuah hambatan psikologis yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang dalam berkonsentrasi atau berpikir dengan baik, dan hal ini dapat terjadi kapan saja. Tentunya, hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja karena akan berdampak pada produktivitas kerja Anda.

Contoh mental block, misalnya bisa terjadi pada seorang penulis yang tidak mampu menyelesaikan tulisannya. Untuk memulihkan pikirannya, salah satu cara adalah dengan beristirahat sejenak lalu meneruskan kembali tulisannya.

Contoh lainnya, ketika seseorang tidak dapat memecahkan masalah dalam matematika yang biasanya diselesaikannya dengan cepat, atau saat rekan kerja meminta ide, Anda yang biasanya begitu mudah dan lancar dalam memberikan berbagai ide menarik, namun, saat terjadi mental block, tiba-tiba Anda tidak bisa memberikan ide apapun kepadanya.

Mental block ini tidak ada kaitannya dengan usia penderita, justru kebanyakan menimpa orang yang sedang giat-giatnya. Dengan tingginya tingkat produktivitas seseorang, mayoritas malah mengalami penurunan kondisi kesehatan akibat kurangnya jam istirahat juga stres pekerjaan.

Adapun ciri-ciri individu yang mengalami mental block :

1.Lebih sensitif dan mudah tersinggung

2.Tidak bergairah atau kehilangan energi

3. Selalu merasa tegang

4. Emosi yang meluap-luap atau berlebihan

5. Merasa tertekan, stress/depresi

 

Penyebab mental block

Menurut UT Research Showcase dari The University of Texas in Austin dan Harvard Health Letter ada beberapa faktor pemicu munculnya mental block ini, antara lain ;

1. Kurang fokus

Kondisi ini ternyata bisa disebabkan oleh Anda yang sering kali kurang fokus terhadap sesuatu yang dikerjakan. Sulit konsentrasi dan sering terdistraksi hal lain, pasti dialami oleh seorang penderita mental block ini.

2. Kurang tidur

Tubuh memperlukan waktu untuk mengisi kembali tenaganya, jika anda kurang waktu tidurnya, ini bisa dipastikan menjadi salah satu penyebab mental block.

3. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan

Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan memang bukan kebiasaan yang baik. Saat mengerjakan sesuatu secara terburu-buru, Anda cenderung panik, cemas, dan tertekan. Hal ini yang akhirnya membuat anda jadi tidak bisa tenang dalam berpikir.

4. Kondisi lingkungan terlalu ramai

Tidak semua orang menyukai tempat ramai. Apalagi keramaian yang terjadi akibat adanya kekacauan, misalnya ada orang bertengkar atau ada tawuran. Biasanya, jika berada pada kondisi-kondisi tersebut, Anda menjadi lebih mudah merasa tertekan, karena produksi hormon kortisol yang meningkat.

5. Gizi Buruk

Misalnya, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan depresi dan kehilangan ingatan yang menyebabkan mental block.

6. Masa Pengobatan

Efek samping dari obat yang dikonsumsi dapat memungkinkan menjadi salah satu penyebab mental block

Sumber :

https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/mental-block/

https://www.sehatq.com/artikel/sedang-mengalami-mental-block-atas-dengan-cara-cara-berikut

https://tirto.id/mengenal-7-bentuk-mental-block-dan-cara-mengatasinya-f87X

 

Artikel Lainya
Keluar Dari Zona Nyaman
  • 18 November 2022

Berada di zona nyaman tentunya menyenangkan bagi tiap individu. Namun jika terus menerus, #TemanMKU bisa saja merasakan

Selengkapnya
TEKS PROKLAMASI DIBUANG KE TONG SAMPAH! TEMUKAN 4 FAKTA UNIK LAINNYA TENTANG KEMERDEKAAN RI 17 AGUSTUS 1945
  • 19 Agustus 2022

Tahun ini Indonesia tepat berusia 77 Tahun pada tanggal 17 Agustus 2022. Perjuangan para pendiri negeri ini tidaklah mud

Selengkapnya
Menjadi Profesional
  • 13 Oktober 2021

Profesionalisme adalah hal yang wajib dimiliki oleh seseorang di dunia kerja. Profesional di dunia kerja bisa berarti me

Selengkapnya