blog_img1

RESOLUSI TAHUN BARU HANYA MAMPU BERTAHAN KURANG DARI 1 BULAN. GUNAKAN

  •   20 Desember 2022

Setiap menjelang akhir tahun hingga awal akhir tahun pasti akan bertebaran doa-doa dan harapan dari setiap manusia untuk menjadi lebih baik. Doa-doa dan harapan tersebut tidak jarang kita dengar selalu kandas dan tidak tercapai. Menurut studi yang dilakukan oleh University of Bristol menunjukkan bahwa sebesar 88% orang yang membuat resolusi tahun baru pasti gagal dalam mewujudkannya. Selain itu menurut survei dari Bupa menunjukkan bahwa hanya kurang dari 1 bulan orang-orang akan bertahan dengan resolusi tahun barunya.

Data yang menarik bukan? Mungkin Anda adalah salah satu orang tersebut yang tidak tercapai harapannya untuk hidup sehat, memiliki badan yang ideal, ingin membeli rumah, mendapatkan kenaikan pendapatan dan lain sebagainya. Menurut psikolog sosial Amy Cuddy dari Harvard Business School menyatakan masalah utama gagalnya resolusi tahun baru itu adalah karena resolusi yang dibuat bukanlah untuk diwujudkan atau dicapai, namun untuk menjadi gagal. Mengapa hal ini bisa terjadi? Amy menjelaskan bahwa orang-orang cenderung menetapkan target yang tidak rasional. Ketika tidak terwujud dalam waktu dekat, maka orang-orang tersebut cenderung timbul emosi negatif dan demotivasi.

Lantas bagaimana cara untuk membuat resolusi tahun baru menjadi nyata? Gunakanlah OKR (Objective Key Result). OKR ini adalah sebuah metode yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang terukur dan dengan cara yang terukur. Secara sederhana OKR ini terdiri dari tujuan (Objective) yang dapat terukur dengan angka dan hasil yang terukur (Key Result) dengan cara-cara yang spesifik sehingga dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan.

Metode ini biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan startup untuk mencapai setiap tujuan bisnisnya. Namun metode OKR ini juga dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan personal hidup Anda. Bagaimana cara menggunakan metode OKR ini untuk mencapai tujuan personal hidup kita?


Tentukan Tujuan (Objective) yang Terukur

Langkah pertama dan utama yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan adalah dengan cara menentukan tujuan. Tujuan harus Anda buat dalam kondisi yang realistis dan dapat terukur. Gunakan angka untuk mempermudah Anda dalam mencapai tujuan. Anda dapat menentukan kapan tujuan Anda ingin dicapai, seperti 3 bulan kedepan, 6 bulan kedepan atau 1 tahun kedepan.

Contoh tujuan untuk resolusi tahun baru yang dapat Anda gunakan adalah “Menurunkan berat badan sebesar 20Kg dalam waktu 6 bulan”.


Tentukan Hasil (Key Result) yang Terukur

Setelah menentukan tujuan (Objective) yang terukur, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan key results yang harus dapat terukur, bersifat kuantitatif, spesifik dan pastinya harus realistis dengan keadaan yang Anda miliki. Secara ideal, masing masing tujuan (Objective) butuh paling tidak 3 key results.

Contoh key result yang dapat Anda gunakan untuk mencapai hasil yang terukur adalah sebagai berikut:

Objective:
“Menurunkan berat badan sebesar 20Kg dalam waktu 6 bulan”.

Key Results:

  • Olahraga 3-5 kali dalam 1 minggu.
  • Melakukan program deficit calorie selama 6 bulan.
  • Tidur yang cukup minimal 8 jam/hari.
  • Minum air putih minimal 2 liter/hari.
  • Melakukan journaling pada setiap aktifitas olahraga, makan dan istirahat di setiap hari untuk memeriksa perkembangan dan kendala.

Evaluasi secara Berkala

Setelah Anda sudah menentukan Objective & Key Results, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengevaluasi secara berkala progress yang sudah Anda lalui. Anda perlu untuk melakukan journaling dengan cara mencatat setiap aktifitas Anda untuk memastikan setiap aktifitas Anda berada pada jalur yang tepat.

Metode OKR ini dapat Anda katakan berhasil apabila Anda mencapai keberhasilannya paling tidak 70% dari Objective yang sudah Anda tentukan diawal. Jadi, apabila Objective Anda adalah menurunkan berat badan sebesar 20Kg dalam 6 bulan, maka Anda dapat dikatakan berhasil apabila Anda sudah menurunkan berat badan minimal sebesar 14Kg.

Sekarang Anda sudah mengetahui cara untuk mencapai resolusi tahun depan? Yuk, mulai sekarang ambil pulpen Anda dan tuliskan Objective dan Key Results Anda di buku. Sampai bertemu kembali dengan versi terbaru dan terbaik dari diri Anda!

 

Sumber: Hanya 1 dari 10 Orang Sukses Mewujudkan Resolusi Tahun Baru.

Artikel Lainya
Jaga Performa Selama Puasa Di Masa Pandemi
  • 12 April 2021

Tidak lama lagi, kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan, namun berpuasa selama Ramadan seharusnya tidak menjadi penghala

Selengkapnya
Idul Fitri 2021 : Saling memaafkan dan peduli terhadap sesama
  • 11 Mei 2021

  Momen Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam. Karena di saat inilah, s

Selengkapnya
Menjalin Hubungan Baik dengan Atasan
  • 25 November 2021

Sudah berapa lama Anda bekerja di perusahaan ini? Apakah sudah berhasil memberikan kinerja yang baik? Seberapa prod

Selengkapnya