blog_img1

Tips untuk pegawai baru : Cara Membuat Kesan yang Baik

  •   22 Juli 2022

Memulai pekerjaan di perusahaan baru memang mengasyikkan. Namun, terkadang hal itu menjadi tekanan karena harus membuat kesan yang baik dengan atasan dan rekan kerja Anda.

Sebagai karyawan baru, diharapkan dapat cepat beradaptasi dengan pekerjaan dan lingkungan kerja yang baru. Tuntutan utama yang sering kali membingungkan ialah bagaimana cara memberi kesan pertama yang positif bagi rekan kerja baru Anda.

Berikut ada beberapa tips memulai bulan awal di kantor baru.

1. Datang Tepat Waktu

Datang tepat waktu adalah hal yang wajib Anda lakukan saat masuk kerja. Tidak perlu datang awal sekali, minimal 15 menit sebelum jam masuk kantor sudah harus hadir disana. Intinya jangan sampai terlambat karena akan memberikan kesan yang buruk kepada rekan kerja baru. Datang lebih awal juga akan membuatmu mood-Anda lebih baik untuk memulai pekerjaan. Tips khususnya, cukupkan waktu istirahat Anda, jangan tidur terlalu larut dan pasang alarm jika perlu.

2. Perhatikan Penampilan

Penampilan akan menjadi hal pertama yang dilihat rekan kerja baru Anda sebelum berkenalan. Sesuaikan penampilan dengan lingkungan kerja Anda, entah itu gaya profesional (formal) atau pun kasual (non formal). Tampilan yang menarik tentunya akan memberi kesan yang positif. Tips Khususnya ialah dengan menyiapkan pakaian di malam hari sebelum hari H.

3. Perkenalkan Diri

Selanjutnya adalah berkenalan dengan lingkungan kerja baru. Anda bisa berinisiatif sendiri untuk berkeliling untuk mengenalkan diri, namun biasanya HRD akan mengajak berkeliling untuk mengenalkan pada lingkungan kantor dan rekan-rekan kerja Anda nantinya.Tips penting: Jangan lupa untuk mengingat nama-nama rekan kerjamu yah!

4. Inisiatif Bertanya

Sebagai karyawan baru, pasti ada rasa bingung tentang hal yang harus dikerjakan. Jangan sungkan untuk inisiatif dan bertanya mengenai tugas pada atasan atau rekan kerja yang ditugaskan untuk mengajari Anda. Dengan bertanya, akan mempercepat proses adaptasi di kantor serta dapat membantu lebih akrab dengan rekan kerja Anda. Tips Khusus, hilangkan rasa segan, malu dan semacamnya untuk bertanya hal yang Anda tidak mengerti.

5. Makan Siang Bersama

Jika ada rekan kerja yang mengajak makan siang, penuhi ajakan itu walaupun mungkin Anda sudah membawa bekal makan siang sendiri. Tips Khusus, buka percakapan diluar urusan pekerjaan saat makan siang, hal ini bisa lebih mengakrabkan dengan rekan kerja Anda.

6. Meminta Umpan Balik (Feedback)

Mintalah feedback sebelum memberikan tugas final atau sebelum mengirimkan email, sehingga Anda dapat lebih mudah melakukan revisi. Tidak semua atasan hebat dalam memberikan umpan balik, Tips khususnya ialah dengan bertanya secara spesifik. Misalnya “aya akan memperbaiki kembali jika masih ada yang belum berkenan, mohon feedback-nya"

Semoga dengan beberapa tips di atas dapat membantu Anda untuk cepat beradaptasi di lingkungan kerja. Untuk informasi lowongan kerja di Mitra Kerja, silahkan klik www.mitrakerja.com/jobs

 

Sumber :

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4999979/3-tips-buat-karyawan-baru-bikin-rekan-dan-atasan-kerja-terkesan

https://www.lokerkaltim.id/artikel/cara-memulai-hari-pertama-kerja-di-kantor-baru

Artikel Lainya
8 Cara Mengatasi Burn out akibat lelah bekerja
  • 18 November 2020

8 Cara Mengatasi  Burn out akibat lelah bekerja   Bekerja merupakan aktivitas yang dijalankan setiap orang.

Selengkapnya
Mengatasi Mental Block di Dunia Pekerjaan: Strategi untuk Sukses
  • 31 Juli 2023

Dalam dunia kerja yang kompetitif dan penuh tekanan, seringkali kita mengalami mental block yang dapat menghambat produk

Selengkapnya
INGIN MENIKAH DENGAN REKAN KANTOR? PAHAMI HAL BERIKUT INI SEBELUM MENIKAH
  • 27 Februari 2023

Secara rata-rata jam bekerja di Indonesia adalah 8 jam sehari atau 40 jam dalam 1 minggu. Artinya kurang lebih ¼

Selengkapnya