blog_img1

Memaknai Arti Sebuah Pekerjaan

  •   25 Juni 2024

Untuk para #RekanMitraKerja yang sudah cukup lama bekerja, pernahkah terpikir sesaat tentang “Apa makna sebuah pekerjaan bagi anda?”.

Memaknai sebuah pekerjaan itu, tergantung dari perspektif setiap individu. Ada yang berpikir bekerja hanyalah untuk mencari uang? Ada juga yang bertujuan untuk meniti karir? Bahkan ada juga yang memaknai bahwa pekerjaan adalah sebuah panggilan?. Tidak ada yang salah dari ketiganya, tapi mana yang lebih baik? Mari kita bahas satu per satu.

  • Bekerja Hanyalah Melakukan Sebuah Pekerjaan

Ingat pribahasa dari Buya Hamka "Kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan pun hidup. Kalau bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja." Menjadikan pekerjaan hanya sebagai sebuah tuntutan tanpa adanya nilai lain, artinya lebih memfokuskan pada keuntungan materi dari pekerjaan itu sendiri. Tidak ada value lain yang bisa diambil dari pekerjaan tersebut. Semakin redup value itu, maka semakin negative response yang kita berikan terhadap apapun yang kita lakukan.

  • Bekerja Untuk Meniti Karir

Pekerjaan sebagai karir, lebih memfokuskan diri pada jenjang karir yang pasti pada suatu Perusahaan. Memandang pekerjaan saat ini sebagai sebuah landasan untuk mengembangkan diri dan bisa lebih dari saat ini. Tentu saja poin akhirnya tertuju pada pendapatan yang lebih besar, promosi atau pengembangan diri yang lebih luas.

  • Bekerja Adalah Sebuah Panggilan

Tipe ini, biasanya tidak melihat sebuah pekerjaan hanya dari sisi materialnya saja, tetapi lebih ke panggilan hati nurani. Sehingga mereka melakukan pekerjaan melebihi dari tugas yang sudah ditentukan. Tipe ini umumnya lebih mempersepsikan pekerjaan untuk sebuah kepuasaan hati.

Itulah tiga ciri umum seseorang memaknai pekerjaannya.

Dari tiga tersebut, termasuk yang manakah Anda?

Yang pasti, apapun itu, dalam sebuah pekerjaan, bersikap profesional adalah wajib, menyelesaikan tugas yang sudah dipercayakan adalah sebuah tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Seberapa tinggi Anda memaknai pekerjaan Anda, maka setinggi dan sedalam itulah Anda akan menjalankannya.

 

Sumber :

https://www.leaderonomics.com/id/articles/komunitas/makna-bekerja-kunci-berkarya

https://www.kompasiana.com/katadhiar/6676a67b34777c29ad1f6702/sejauh-mana-kamu-memaknai-arti-bekerja?
Artikel Lainya
Work Ethic, Sudahkah Dilakukan secara Maksimal?
  • 19 Maret 2021

oleh: Dimas Sulistiyanto   Kata “Work Ethic” jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia berarti &l

Selengkapnya
Terungkap..Tidak lapor Pajak, Banyak Ruginya loh!
  • 18 Maret 2024

#RekanMKU, sebagai pegawai, pastinya mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan berupa gaji atau upah kan ? Nah dari pen

Selengkapnya
Literasi Digital dan Manfaatnya
  • 11 Juni 2021

  Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Seiring perkembangan tersebut

Selengkapnya