blog_img1

Memaknai Arti Sebuah Pekerjaan

  •   25 Juni 2024

Untuk para #RekanMitraKerja yang sudah cukup lama bekerja, pernahkah terpikir sesaat tentang “Apa makna sebuah pekerjaan bagi anda?”.

Memaknai sebuah pekerjaan itu, tergantung dari perspektif setiap individu. Ada yang berpikir bekerja hanyalah untuk mencari uang? Ada juga yang bertujuan untuk meniti karir? Bahkan ada juga yang memaknai bahwa pekerjaan adalah sebuah panggilan?. Tidak ada yang salah dari ketiganya, tapi mana yang lebih baik? Mari kita bahas satu per satu.

  • Bekerja Hanyalah Melakukan Sebuah Pekerjaan

Ingat pribahasa dari Buya Hamka "Kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan pun hidup. Kalau bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja." Menjadikan pekerjaan hanya sebagai sebuah tuntutan tanpa adanya nilai lain, artinya lebih memfokuskan pada keuntungan materi dari pekerjaan itu sendiri. Tidak ada value lain yang bisa diambil dari pekerjaan tersebut. Semakin redup value itu, maka semakin negative response yang kita berikan terhadap apapun yang kita lakukan.

  • Bekerja Untuk Meniti Karir

Pekerjaan sebagai karir, lebih memfokuskan diri pada jenjang karir yang pasti pada suatu Perusahaan. Memandang pekerjaan saat ini sebagai sebuah landasan untuk mengembangkan diri dan bisa lebih dari saat ini. Tentu saja poin akhirnya tertuju pada pendapatan yang lebih besar, promosi atau pengembangan diri yang lebih luas.

  • Bekerja Adalah Sebuah Panggilan

Tipe ini, biasanya tidak melihat sebuah pekerjaan hanya dari sisi materialnya saja, tetapi lebih ke panggilan hati nurani. Sehingga mereka melakukan pekerjaan melebihi dari tugas yang sudah ditentukan. Tipe ini umumnya lebih mempersepsikan pekerjaan untuk sebuah kepuasaan hati.

Itulah tiga ciri umum seseorang memaknai pekerjaannya.

Dari tiga tersebut, termasuk yang manakah Anda?

Yang pasti, apapun itu, dalam sebuah pekerjaan, bersikap profesional adalah wajib, menyelesaikan tugas yang sudah dipercayakan adalah sebuah tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Seberapa tinggi Anda memaknai pekerjaan Anda, maka setinggi dan sedalam itulah Anda akan menjalankannya.

 

Sumber :

https://www.leaderonomics.com/id/articles/komunitas/makna-bekerja-kunci-berkarya

https://www.kompasiana.com/katadhiar/6676a67b34777c29ad1f6702/sejauh-mana-kamu-memaknai-arti-bekerja?
Artikel Lainya
Pentingnya Spiritual Quotient (SQ) dan Hubungannya dengan Akhlak
  • 15 September 2021

Pernahkah kita merenungkan apa tujuan kita diciptakan di dunia? Siapa diri kita sebenarnya? Apa makna hidup kita? Atau p

Selengkapnya
KEUNTUNGAN OUTSOURCING UNTUK ANDA
  • 16 November 2023

Outsourcing merupakan suatu praktik bisnis dimana Perusahaan mempercayakan sebagian tugas dan fungsi operasion

Selengkapnya
Cek CV-mu Sebelum dikirim!
  • 19 Oktober 2023

#RekanMKU pernah mengalami situasi dimana kamu sudah mengirim CV namun belum mendapatkan panggilan kerja ? Hal ini mungk

Selengkapnya