blog_img1

Bekerja dengan Hati

  •   16 Februari 2024

Bulan februari biasanya identik dengan kasih sayang kan yaaah? Rekan MKU biasa mengungkapkan kasih sayang atau tidak sih?

Katanya ada kalimat bahwa kasih sayang itu tidak harus selalu diucapkan, tapi yang penting ‘action’ atau perilakunya. Nah apakah Rekan MKU semua setuju?

Begitu pun dengan bekerja, tidak perlu mengungkapkan kesana-sini bagaimana pencapaianmu, ‘menjilat’ atasan dan lainnya. Terpenting lakukan dengan baik dan bekerja dengan hati.

Bekerja dengan hati melibatkan seluruh kemampuan yang dimiliki, kemampuan fisik, psikis dan kecerdasan. Hati sebagai penggerak untuk bekerja lebih giat dan tidak mudah menyerah

Bekerja dalam kondisi psikologis / kejiwaan yang mantap, hati tenang serta bersemangat akan menghasilkan added value yang baik.

Bekerja dengan suasana hati yang jernih dan bersih juga akan berdampak pada kinerja yang lebih produktif.

Jadi, bagaimana sih bekerja dengan hati?

Yuk coba lakukan 5 Langkah ini :

1. Menetapkan tujuan dalam hati

Untuk apa tujuan kamu bekerja? Apakah untuk mendapatkan uang, pengalaman atau malah untuk gengsi ? Namun biasanya dalam persaingan bisnis yang ketat, individu yang bekerja karena tujuan-tujuan mulia yang lahir dari hati nurani, seringkali akan lebih bertahan dan meraih sukses.

2. Menemukan kepuasan dalam hati

Sebagai manusia biasa, pastinya kita akan merasa selalu tidak puas, mungkin dari kepuasan finansial, kepuasan karir atau kepuasan lain yang bersifat fisik. Hal ini seringkali membuat individu malah lupa diri dan terjerat dalam penyimpangan-penyimpangan. Pencarian kepuasan batin atau hati akan menjaga seseorang melakukan cara-cara yang benar dan aman dalam bekerja.

3. Bekerja dengan ketetapan hati yang teguh

Kondisi kurang mood atau lainnya mungkin dapat menjadi halangan dalam bekerja. Tetap bersemangat, bekerja dengan hati yang bersih serta yakin dengan tujuan-tujuan mulia, maka apapun halangannya akan dapat diatasi.

4. Membangun tim yang sepaham & sejalan 

Tidak ada individu yang bisa sukses maksimal dengan bekerja sendirian. Dengan bekerjasama maka pencapaiannya juga akan lebih maksimal. Tim yang solid dan kompak, hanya bisa ter wujud jika melalui satu pemikiran yang sama.

5. Fokus menghasilkan Layanan Prima (Service Excellence)

Apapun yang dikerjakan dengan keseriusan, fokus serta totalitas akan menghasilkan kualitas prima. Kesuksesan selalu diraih oleh mereka yang bekerja dengan segenap hatinya.

Mungkin Rekan MKU pernah menemukan suasana di lingkungan kerja yang belum berjalan dengan nilai-nilai hidup yang sama, maka tidak perlu ikut terbawa arus, melainkan tetap bekerja setulus hati serta hanya mengharapkan ridho Tuhan.

Jalankan pekerjaan dengan sepenuh hati sangat penting dilakukan agar seseorang bertujuan memberi kebahagiaan bagi sesama, dengan demikian  akan timbul kepuasan kerja yang tidak ternilai.

 

Happy working..Semangat selalu!

 

Sumber :

https://www.djkn.kemenkeu.go.id

Artikel Lainya
Trend Pekerjaan Di 2024
  • 20 Oktober 2023

Hai #RekanMKU, tahun 2024 tinggal dua bulan lagi nih. Dari tahun ke tahun, kemajuan teknologi semakin menuntut kita untu

Selengkapnya
RESOLUSI TAHUN BARU HANYA MAMPU BERTAHAN KURANG DARI 1 BULAN. GUNAKAN "OKR" UNTUK CAPAI RESOLUSI TAHUN BARU!
  • 20 Desember 2022

Setiap menjelang akhir tahun hingga awal akhir tahun pasti akan bertebaran doa-doa dan harapan dari setiap manusia untuk

Selengkapnya
8 Cara Mengubah 'Fixed Mindset' menjadi 'Growth Mindset'
  • 11 Januari 2022

Pola Berpikir (mindset) turut menentukan tindakan/ perilaku individu dalam menjalankan kesehariannya. Konsep pola pik

Selengkapnya