blog_img1

Trend Pekerjaan Di 2024

  •   20 Oktober 2023

Hai #RekanMKU, tahun 2024 tinggal dua bulan lagi nih. Dari tahun ke tahun, kemajuan teknologi semakin menuntut kita untuk mampu bersaing dengan tenaga kerja asing agar tidak tertinggal.

Oleh karena itu, kita pun dituntut untuk bisa beradaptasi dengan keadaaan, apapun bidang pekerjaan yang kita tekuni. Dan menurut sumber, dalam beberapa tahun ke depan akan ada 17 juta pekerjaan baru di bidang teknologi.

Dengan demikian generasi muda terutama para fresh graduated gen Z , saat ini perlu mempersiapkan kompetensi agar  siap terjun di dunia profesional yang Tech-Savvy atau melek teknologi.

Seseorang yang menjadi tech savvy tidak harus ahli dalam menguasai semua aspek teknologi, bahasa pemograman, dan detail dari jaringan komputer. Keahlian yang diperlukan tidak lagi terbatas pada kemampuan teknis saja, tetapi juga melibatkan aspek lain seperti keterampilan interpersonal dan pemahaman tentang perkembangan teknologi.

Berikut beberapa keahlian yang harus dikuasai jika ingin bersaing di era digital saat ini.

1. Literasi Digital

Kamu akan dihadapkan dengan teknologi digital seperti kecerdasan buatan (AI),  pembelajaran mesin, Internet Of Things (IoT),  dan ilmu komputasi. Kamu harus menguasai itu semua karena akan mempercepat ketajaman teknis dalam teknologi digital. Bidang-bidang penting seperti visualisasi data dan eksplorasi, kecerdasan komputasi, hingga bahasa pemograman akan lebih dibutuhkan beberapa tahun ke depan.

2. Data Analytical

Meskipun robot dan teknologi dirancang dengan sistem yang canggih, namun perhitungan dan ketepatan diagnostik tetap membutuhkan manusia. Kemampuan analisis manusia mengimbangi cara kerja teknologi digital yang bekerja hanya menurut sistem saja. Kelebihan pada otak manusia tetap saja tidak bisa dibandingkan dengan mesin. Semua pekerjaan akan melibatkan kecerdasan manusia. Kamu harus mengasah keahlian dalam menganalisis data.

3. Creative and Inovative Thinking

Kreativitas dan pola pikir yang inovatif hanya dimiliki oleh manusia. Seperti kemampuan dalam kecerdasan sosial, kreativitas alami adalah sesuatu yang tidak dapat dengan mudah ditiru oleh teknologi. Selama kamu tetap mengembangkan kreativitas dan menciptakan sesuatu yang inovatif, kamu akan tetap bisa bersaing di dunia digital.

4. Interpersonnal Skill

Meskipun teknologi memainkan peran penting dalam komunikasi, hubungan antar manusia tetap menjadi inti dari banyak aspek kehidupan kita, termasuk dunia bisnis. Keahlian interpersonal meliputi kemampuan mendengarkan dengan baik, berempati, mengelola konflik, teamwork, hingga berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Meskipun teknologi memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan cepat dan efisien, tidak ada pengganti interaksi langsung dan hubungan antar manusia yang autentik.

5. Design

Dalam era digital yang didominasi oleh konten visual, keahlian desain grafis menjadi sangat penting. Desain grafis melibatkan pembuatan elemen visual yang menarik dan efektif, seperti logo, poster, brosur, website, dan konten media sosial. Kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan CorelDRAW menjadi dasar yang penting dalam mengembangkan keahlian desain grafis.

Selain hal diatas, ada juga yang harus #RekanMKU perhatikan jika ingin terjun di dunia yang serba digital tersebut, yaitu ;

  • Tidak Takut Mencoba Hal Baru

Harus berani mencoba, contohnya tanpa ragu dalam mencoba perangkat teknologi dan aplikasi yang belum pernah dicoba sebelumnya. Hal ini dapat membuat wawasan semakin luas dan keterampilan terhadap teknologi meningkat.

  • Rajin Menonton Tutorial

Banyak tutorial yang mengajarkan pemakaian aplikasi dan teknologi baru. Tutorial tersebut dapat diakses gratis melalui Youtube dan media sosial  lainnya. Bermacam konten, mulai dari teknologi, bisnis, cara menggunakan aplikasi baru, hingga memperbaiki perangkat yang rusak. Dengan ini maka akan menambah kemampuan / skill yang baru.

  • Mencari Bantuan Orang yang Ahli

Jangan ragu untuk bertanya atau mempelajari sesuatu dari orang yang lebih menguasai teknologi. Dengan begitu, jika terjadi kendala, akan ada orang-orang yang membantu dalam menghadapi kesulitan dalam menggunakan teknologi tersebut.

Menurut menteri BUMN Erick Tohir, berikut merupakan pekerjaan lain yang paling banyak mencari calon praktisi data atau talenta digital di masa depan, yaitu:

  • Data Scientist dan Data Analysis
  • Spesialis artificial intelligence (AI)
  • Software dan game developer
  • Analis Big Data
  • Block chain developer
  • Market research
  • Digital Marketing
  • Biotechnology
  • Digital content

Perlu diingat, bahwa teknologi terus berkembang dan selalu ada hal baru di setiap menitnya, jadi jika #RekanMKU ingin berkecimpung di dunia digital dan tidak mau tertinggal, jelas harus update  akan perkembangan teknologi setiap saat.

Salam Semangat #RekanMKU !!

 

Sumber :

https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/08/110614271/9-pekerjaan-bersinar-di-2024-lulusan-dari-jurusan-ini-banyak-dibutuhkan

https://kumparan.com/ragam-info/mengenal-tech-savvy-beserta-manfaat-dan-tips-meningkatkannya

https://www.pancabudi.ac.id/news/news/2020-11-27~5-keahlian-yang-menunjang-karier-di-era-dunia-digital--sac

https://www.idntimes.com/life/career/fw-rocket/keahlian-era-digital-c1c2?page=all
Artikel Lainya
Apa itu EQ (Emotional Quotient) dan Mengapa Penting ?
  • 12 Oktober 2020

Pernah dengar istilah EQ? Atau kepanjangan dari Emotional Quotient? Saya yakin tidak semua orang yang membaca istilah te

Selengkapnya
Smart and Innovative
  • 14 Juni 2022

Dalam rangka Hari Jadi Mitra Kerja yang ke 18, di tahun ini kami mengusung tema Smart & Innovative. Dalam Baha

Selengkapnya
Idul Fitri 2021 : Saling memaafkan dan peduli terhadap sesama
  • 11 Mei 2021

  Momen Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam. Karena di saat inilah, s

Selengkapnya