blog_img1

TEKS PROKLAMASI DIBUANG KE TONG SAMPAH! TEMUKAN 4 FAKTA UNIK LAINNYA TENTANG KEMERDEKAAN RI 17 AGUSTUS 1945

  •   19 Agustus 2022

Tahun ini Indonesia tepat berusia 77 Tahun pada tanggal 17 Agustus 2022. Perjuangan para pendiri negeri ini tidaklah mudah. Banyak lika-liku perjalanan dan tantangan yang dihadapi oleh para pejuang serta pendiri negeri ini.

Lahirnya negeri ini di representasikan oleh pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 di kediaman beliau di Jalan Pegangsaan Timur no. 56, Jakarta. Ternyata proses hingga pembacaan teks proklamasi juga tidak kalah unik dan menarik.


Berikut adalah 5 fakta unik yang terjadi pada saat hari pembacaan teks proklamasi 17 Agustus 1945 berdasarkan Direktorat Jendral GTK Kemendikbudristek:

1. Teks Asli Proklamasi dibuang di Tong Sampah

Naskah asli proklamasi yang telah ditulis oleh Soekarno sempat dibuang ke tong sampah di rumah Laksamana Maeda. Namun, pada akhirnya naskah tersebut ditemukan kembali oleh BM Diah selaku wartawan asal Aceh. BM Diah telah menyimpan naskah asli proklamasi yang asli ditulis tangan oleh Soekarno selama 47 tahun yang pada akhirnya beliau serahkan kepada Museum Arsip Nasional pada tahun 1992.

2. Suara Pembacaan Teks Proklamasi oleh Soekarno Tidak Asli

Suara yang kita dengar saat mendengarkan pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno adalah hasil rekaman ulang. Pada saat itu perekaman video belum dapat merekam gambar bergerak dan suara di waktu yang bersamaan, sehingga Soekarno melakukan perekaman pembacaan teks proklamasi ulang di studio RRI pada tahun 1951.

3. Rekaman Momen Proklamasi dikubur di Bawah Pohon

Pada saat pembacaan teks proklamasi, Indonesia belum sepenuhnya lepas dari jajahan Jepang. Jepang masih mencoba mempertahankan kekuasaannya dengan cara menyita dokumentasi selama proklamasi kemerdekaan RI dibacakan oleh Soekarno. Namun, dokumentasi-dokumentasi tersebut berhasil diselamatkan oleh Frans Mendur yang merupakan salah satu fotografer yang turut mendokumentasikan momen bersejarah ini. Hasil dokumentasi selama proklamasi berlangsung dikubur oleh Frans Mendur di bawah pohon yang berada di kantor Asia Raja agar tidak ditemukan oleh pihak Jepang.

4. Pasukan Jepang yang Memberikan Kain Bendera Merah Putih Pertama

Bendera merah putih yang dikibarkan pertama kali adalah hasil jahitan dari Ibu Fatmawati. Namun, fakta uniknya adalah kain bendera merah putih yang digunakan oleh Ibu Fatmawati berasal dari pasukan Jepang bernama Chairul Basri yang pada saat itu sedang berada di kantor Jawa Hokokai.

5. Pembacaan Teks Proklamasi Pada saat Puasa

Pada saat pembacaan teks proklamasi 17 Agustus 1945 faktanya tanggal tersebut bertepatan pada hari Jumat, 9 Ramadan 1364 Hijriah.


Itulah 5 fakta unik mengenai kemerdekaan RI pada tahun 1945 yang sangat jarang di ketahui oleh banyak orang. Dinamika perjuangan para pahlawan negeri ini sungguh sangat berat. Para pahlawan negeri kita patut kita teladani dalam membela bangsa dan negara tercinta kita Indonesia.

Dirgahayu Indonesiaku ke-77 Tahun. Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Sumber: Kompas.com

Artikel Lainya
TEKS PROKLAMASI DIBUANG KE TONG SAMPAH! TEMUKAN 4 FAKTA UNIK LAINNYA TENTANG KEMERDEKAAN RI 17 AGUSTUS 1945
  • 19 Agustus 2022

Tahun ini Indonesia tepat berusia 77 Tahun pada tanggal 17 Agustus 2022. Perjuangan para pendiri negeri ini tidaklah mud

Selengkapnya
8 Cara Mengubah 'Fixed Mindset' menjadi 'Growth Mindset'
  • 11 Januari 2022

Pola Berpikir (mindset) turut menentukan tindakan/ perilaku individu dalam menjalankan kesehariannya. Konsep pola pik

Selengkapnya
Cek CV-mu Sebelum dikirim!
  • 19 Oktober 2023

#RekanMKU pernah mengalami situasi dimana kamu sudah mengirim CV namun belum mendapatkan panggilan kerja ? Hal ini mungk

Selengkapnya