blog_img1

​​​​​​​7 Faktor Kenyamanan Pegawai

  •   22 Juni 2022

Rasa nyaman merupakan kondisi individu merasa dihargai, merasa aman disertai dengan perasaan senang.

Menurut Sugiarto dalam sumber (1)  mendefinisikan nyaman sebagai rasa yang timbul jika seseorang merasa diterima apa adanya, serta senang dengan situasi dan kondisi yang ada

Sedangkan pada sumber KBBI online

nyaman/nya·man/ a 1 segar; sehat:  2 sedap; sejuk; enak: 

Sedangkan pada sumber (2) lainnya mengatakan nyaman menurut para ahli adalah bebas dari gangguan, bebas dari rasa was-was, bebas dari rasa isi dan dengki, bebas dari rasa rendah diri, bebas dari rasa sombong, merasa cukup dengan yang ada dihadapannya, tidak merasa kurang dengan apa yang telah diterima.

 

Dengan adanya rasa nyaman di tempat kerja, maka pegawai pun dapat memberikan kontribusi kerjanya dengan maksimal. Oleh karena itu, bagi perusahaan penting memberikan situasi dan kondisi yang membuat para pegawai nyaman. Sehingga dapat dikatakan kenyamanan bekerja menjadi salah satu faktor keberhasilan individu dan organisasi

 

Untuk mengetahui faktor-faktor kenyamanan pegawai, instansi perlu mencari informasi yang sesuai dengan budaya organisasinya dan pola kerja para pegawai. Mungkin dapat dikatakan belum ada yang dapat mengukur secara pasti terkait kenyamanan seseorang. Kenyamanan tidak mudah diketahui hanya dengan melihat ataupun observasi. Salah satu caranya dapat dengan menanyakan atau melakukan survey kepada masing-masing individu.

 

Beberapa waktu lalu, kami melakukan survey kepada 124 responden yang berstatus karyawan kontrak. Adapun gender responden ialah 84 pria dan 40 wanita. Hasilnya cukup mengejutkan dimana 89,5 % menyatakan nyaman bekerja di penempatan lokasi kerjanya saat ini dan 10.5% menyatakan tidak nyaman.

Alasan kenyamanan responden pun cukup beragam, 7 faktor terbesar ialah

1. Rekan kerja yang kooperatif

Sebagai makhluk sosial, pegawai sebagai individu akan merasa nyaman ketika adanya interaksi positif dengan rekannya. Beberapa responden di survey menyatakan penting hubungan dengan rekan kerja menjadi dekat seperti sahabat dan mau menjadi teman di luar urusan kerja.  Selain itu juga menyebutkan bahwa akan merasa sangat senang jika rekan kerja mampu menerima pendapat & ide serta turut dapat bekerja sama dengan baik.

2. Jarak

Jarak yang dekat antara rumah maupun domisili merupakan alasan kedua yang terbanyak para responden, sebesar 48.6%. Dengan jarak yang dekat, maka pegawai terhindar dari kemacetan dan stress di jalan

3. Atasan yang supportif

Pegawai akan merasa senang ketika atasan memperlakukan bawahannya dengan baik, menghargai keberadaannya. Contohnya dengan memberikan feedback dan memberi apresiasi. Selain itu atasan juga diharapkan dapat memperlakukan bawahannya secara adil.

4. Tugas yang menantang dan menarik

Adanya tantangan membuat pegawai menjadi semakin kreatif dan tidak bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja.

5. Produk atau layanan perusahaan memiliki reputasi baik

Adanya reputasi yang baik atau terkenal, menjadi kebanggan tersendiri bagi pegawai, terutama perusahaan multinasional.

6. Paket Gaji dan manfaat menarik

Mungkin banyak yang akan menduga gaji merupakan faktor utama kenyamanan seseorang, namun dari hasil survey kami hal ini di posisi yang ke enam. Gaji yang membuat seseorang nyaman ialah di atas rata-rata aturan pendapatan daerah dan yang sesuai dengan tugasnya. Yang jelas, pegawai pasti menginginkan upah atas hasil kerjanya. Dan gaji dibutuhkan untuk biaya hidup sehari-hari pegawai dan keluarganya

7. Adanya  jenjang karir 

Pegawai akan bertambah nyaman apabila ada kesempatan berkembang dan naik jabatan. Terutama bagi karyawan yang berprestasi, mereka akan pantas mendapatkan promosi. Bagi pimpinan perusahaan, butuh kebijaksanaan dan penilaian obyektifitas untuk memberdayakan karyawannya secara maksimal.

 

Selain 7 faktor di atas terdapat cara lain untuk perusahaan membuat situasi yang nyaman. Setiap pegawai  berhak mendapatkannya fasilitas perusahaan. Karena perusahaan tidak bisa hanya menuntut, tapi tidak memberikan dukungan berupa fasilitas yang layak.

 

Dengan begitu, pegawai akan merasa diperhatikan dan didukung untuk melakukan pekerjaannya. Jadi, pastikan kebutuhan kerja karyawan tersedia. Dari hasil survey kami, berikut beberapa fasilitas yang diinginkan pegawai  :

  • Sistem IT yang canggih
  • Waktu kerja yang fleksibel
  • Jaminan asuransi selain BPJS
  • Gedung kantor yang instagramable
  • Adanya fasilitas gratis parkir, kesempatan beribadah dan area kerja yang bersih

 

Sumber :

(1)http://etheses.uin-malang.ac.id/814/6/10410021%20Bab%202.pdf

(2)https://organisasisetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pentingnya-kenyamanan-dalam-bekerja-84

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/08/30/130517/4-faktor-penunjang-rasa-nyaman-seseorang-di-tempat-kerja

https://entrepreneurcamp.id/kenyamanan-kerja-karyawan/

 

 

 

 

Artikel Lainya
Sportivitas Di Dunia Kerja
  • 20 Agustus 2021

Sportivitas, adalah sebuah kata yang sudah tidak asing pada kehidupan sehari-hari, kata ini sangat familiar di bidang ol

Selengkapnya
Tips untuk pegawai baru : Cara Membuat Kesan yang Baik
  • 22 Juli 2022

Memulai pekerjaan di perusahaan baru memang mengasyikkan. Namun, terkadang hal itu menjadi tekanan karena harus membuat

Selengkapnya
Work Ethic, Sudahkah Dilakukan secara Maksimal?
  • 19 Maret 2021

oleh: Dimas Sulistiyanto   Kata “Work Ethic” jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia berarti &l

Selengkapnya