blog_img1

Mengenal Jenis dan Manfaat Self Awareness

  •   15 Maret 2022

Hi #TemanMKU, apakah Anda sudah benar-benar mengenali dirimu? Sudahkah Anda mengetahui pandangan orang lain terhadap diri Anda ?

Menurut sumber, penelitian yang telah dilakukan kepada 5.000 peserta pada tahun 2014 oleh Dr. Tasha Eurich (Psikolog), ditemukan bahwa meskipun kebanyakan individu percaya bahwa mereka sadar diri, kesadaran diri adalah kualitas yang benar-benar langka. Hanya sekitar  10% –15% dari individu yang memiliki kesadaran diri sesuai dengan kriteria, pada penelitian tersebut.

Kesadaran diri atau istilahnya yang dikenal dengan self awareness ialah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perasaan, pikiran, dan tindakan Anda. Lewat self awareness, kita jadi lebih mampu mengenali bagaimana orang lain melihat Anda. Individu yang sadar diri mengenali kekuatan dan tantangan mereka.

Dari hasil penelitiannya, Dr. Tasha Eurich menentukan self awareness menjadi dua jenis :

1.Internal Self Awareness (ISA)/Kesadaran diri internal:

Kemampuan melihat pikiran, perasaan, dan perilaku, kekuatan dan kelemahan kita serta dampaknya pada orang lain. Kemampuan menyadari dunia internal individu. Hasil riset menunjukkan bahwa ISA sangat terasosiasi dengan kepuasan kerja dan hubungan, kendali diri dan sosial serta kebahagiaan. Seseorang dengan ISA yang tinggi jarang mengalami kecemasan, stress, dan depresi. Cara mengenal internal self awareness (ISA) ialah dengan merefleksikan diri serta mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan diri Anda

2. External Self Awareness (ESA)/Kesadaran diri eksternal:

Kemampuan memahami bagaimana orang lain memandang diri Anda. Bagaimana orang melihat value, passion, aspirasi dan reaksi Anda serta dampaknya bagi mereka. Riset menunjukkan individu dengan ESA tinggi lebih terampil dalam menunjukkan empati dan melihat perspektif orang lain. Seorang pemimpin yang memiliki ESA tinggi, akan mampu membangun hubungan baik dengan bawahannya. Cara mengenal ESA ialah dengan mendapatkan umpan balik dari orang lain, seperti rekan kerja/ atasan.

Selain merefleksikan diri dan mendapatkan umpan balik dari rekan kerja, ada beberapa tips lainnya untuk meningkatkan self awareness, diantaranya :

1.Mempelajari berbagai hal yang menimbulkan emosi dalam diri Anda.

Situasi apa yang membuat Anda bahagia, sedih, ataupun kecewa? Cobalah memahami cara mengatasinya, sehingga nantinya akan terbentuk kontrol diri.

2.Melakukan meditasi di tempat yang nyaman dan tenang.

Di saat meditasi, Anda dapat merenung, berpikir, serta memusatkan perhatian terhadap sesuatu, bahkan menentukan suatu tujuan. Bila ada hal yang salah, Anda dapat merencanakan apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

3. Menulis jurnal atau buku harian.

Anda bisa mulai menulis dengan cerita yang mengalir bebas, membuat daftar poin atau dalam bentuk puisi yang membantu diri menjadi lebih sadar

 

Dengan mampu mengenali diri, terdapat beragam manfaat, Dr. Tasha Eurich menyimpulkan dari penelitiannya bahwa seseorang dengan Self-Awareness yang baik terbukti:

  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Lebih kreatif
  • Dapat Membuat keputusan yang lebih baik
  • Membangun relasi lebih kuat dengan teman ataupun rekan kerja
  • Dapat membangun komunikasi yang lebih efektif dengan teman dan rekan kerja
  • Cenderung untuk tidak berbohong

 

Dengan self awareness ini, individu diharapkan semakin mampu dalam menjalin hubungan serta kerjasama dengan rekan / kelompoknya di dalam organisasi. Hal ini tentunya akan berdampak pada kinerja kelompok dan menguntungkan perusahaan.

Eurich menawarkan satu nasihat terakhir. “Mengerjakan kesadaran diri Anda akan menempatkan Anda di depan 80 persen rekan kerja Anda. Ini adalah bahan rahasianya. Jangan menekan diri Anda untuk melakukannya dengan cepat,bersikaplah terbuka terhadap apa yang orang katakan kepada Anda sehingga Anda dapat membuat peningkatan yang signifikan.”

Jadi tunggu apalagi? Yuk, kenali dirimu dengan seksama dan jangan malu untuk meminta umpan balik dari orang di sekelilingmu yaah

Selamat mencoba.

 

Sumber :

https://resources.kenblanchard.com/podcasts/the-importance-of-self-awareness-with-tasha-eurich

https://hbr.org/2018/01/what-self-awareness-really-is-and-how-to-cultivate-it

https://www.popmama.com/life/health/bella-lesmana/cara-membangun-self-awareness-untuk-pengembangan-diri-yang-positif/5

Artikel Lainya
AKTIVITAS NORMAL BARU DI TEMPAT KERJA
  • 27 Mei 2020

Panduan Aktivitas & Pencegahan COVID-19 di tempat Kerja Setelah 2 bulan lebih mengikuti protokol bekerja dari rumah

Selengkapnya
Sportivitas Di Dunia Kerja
  • 20 Agustus 2021

Sportivitas, adalah sebuah kata yang sudah tidak asing pada kehidupan sehari-hari, kata ini sangat familiar di bidang ol

Selengkapnya
Menebar Kasih Di Masa Pandemi
  • 23 Februari 2021

Pada bulan Februari, khususnya tanggal 14 Februari beberapa belahan di dunia merayakan Hari Kasih Sayang atau yang ser

Selengkapnya