blog_img1

GRIT Sebagai Kunci Kesukesan

  •   10 Februari 2022

Apakah Anda pernah bertanya kepada diri Anda mengenai sukses menurut versi Anda sendiri dan bagaimana cara Anda untuk mencapai kesuksesan versi Anda tersebut? Coba renungkan sejenak jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Salah satu cara untuk mencapai kesuksesan Anda adalah dengan memiliki Grit. Harvard Dictionary mendefinisikan Grit sebagai keberanian dan kekuatan pikiran yang mampu membuat seseorang untuk lanjut melakukan sesuatu yang sulit atau tidak menyenangkan untuk mencapai tujuan. Namun, Grit tidak dipandang sederhana dalam dunia psikologi. Menurut Angela Duckworth dalam bukunya yang berjudul Grit: The Power of Passion and Perseverance yang menjadi bestseller, Grit adalah ketekunan dan semangat untuk tujuan jangka panjang. Angela Duckworth menganggap ketekunan dan semangat sangatlah penting untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dalam hidup.

Individu yang memiliki Grit tidak menunggu pujian untuk semangat dalam mencapai tujuannya. Individu yang memiliki Grit dapat mempertahankan tekad dan motivasi mereka dalam kurun waktu yang cukup lama meskipun mereka sedang mengalami kesulitan bahkan kegagalan. Semangat dan tekad mereka terhadap tujuan jangka panjang adalah faktor yang menjadi sumber energi mereka untuk terus berkembang dan melawan tantangan. 


Bagaimana Grit dapat Membuat Anda Sukses?

1. Bakat Tidak Menjamin Anda Sukses

Apabila Anda memiliki Grit, Anda akan terus berjuang dan memaksimalkan potensi yang Anda miliki untuk mencapai tujuan dan kesuksesan versi Anda meskipun keterampilan Anda tidak luar biasa hebat. Anda akan cenderung untuk lebih berani dan cukup kuat untuk melakukan hal apapun untuk mencapai tujuan dan kesuksesan versi Anda.

Menurut Angela Duckworth, sukses dapat diraih dengan Formula Duckworth berikut ini:

  • Bakat X Usaha = Skill/Kemampuan/Keterampilan
  • Skill X Usaha = Achievement/Sukses
     

2. Miliki Tujuan dalam Bekerja

Individu yang memiliki Grit pasti memiliki motivasi internal untuk melampaui potensi yang ia miliki dengan kemampuan dan usahanya. Motivasi internal ini berbentuk tujuan yang mendalam dan percaya bahwa pekerjaan yang sedang ia jalani dan tekuni dapat mencapai tujuan atau kesuksesan versinya.

Beberapa orang mungkin sangat ahli dan terampil dalam pekerjaannya, namun mereka tidak memiliki Grit karena mereka tidak memiliki tujuan dalam bekerja. Sehingga mereka tidak memiliki motivasi internal untuk melampaui potensi yang ia miliki.

Cara memiliki tujuan dalam bekerja, Anda dapat meluangkan waktu Anda untuk merenung dan mempertimbangkan tujuan apa yang ingin Anda raih melalui pekerjaan ini. Tujuan yang baik mengharuskan Anda untuk menemukan nilai kebermanfaatan dari diri Anda dan menemukan bagaimana cara Anda dapat berkontribusi pada kesejahteraan orang lain.
 

3. Berkembang dan Berproses Setiap Hari

Individu yang memiliki Grit akan selalu melihat kesempatan untuk terus berkembang dan berproses tidak memperdulikan seberapa hebat kemampuannya saat itu. Pola pikir ini yang membuat individu yang memiliki Grit akan terus bangkit dan belajar apabila mereka dihadapi dengan tantangan atau kesempatan baru. Individu yang memiliki Grit tidak akan menjadikan kekalahan atau kegagalan sebagai hambatan untuk terus berkembang dan berproses setiap harinya.

Cara untuk terus berkembang dan berproses adalah dengan melakukan pekerjaan Anda menjadi lebih baik setiap harinya. Jangan pernah takut dengan kesempatan baru yang hadir kepada Anda. Bersainglah dengan diri Anda sendiri sehingga Anda lebih baik hari ini dari kemarin. Jangan pernah untuk bandingkan Anda dengan orang lain, namun bandingkan Anda hari ini dengan Anda kemarin dan belajar untuk Anda yang lebih baik di esok hari.
 

4. Belajar untuk Menerima Kegagalan

Banyak orang yang tidak siap untuk menerima kegagalan bahkan cenderung untuk menghindarinya. Individu yang memiliki Grit memandang suatu kegagalan sebagai tempat latihan untuk belajar menjadi versi terbaik. Buatlah daftar kegagalan Anda, apa saja penyebab kegagalan Anda dan pelajaran apa saja yang Anda peroleh dari setiap kegagalan Anda. Sehingga Anda tidak mengulangi kegagalan yang pernah Anda alami.

Jadi, itulah serba serbi mengenai Grit dan bagaimana Grit mempengaruhi kesuksesan Anda dimasa depan. Apakah Anda sudah mengetahui bahwa Anda sudah memiliki Grit atau belum? Yuk, cek seberapa Grit Anda melalui Formula Angela Duckworth berikut ini: https://angeladuckworth.com/grit-scale.

(Pamliluto Arya Y.)

 

 

Sumber:

Artikel Lainya
Smart and Innovative
  • 14 Juni 2022

Dalam rangka Hari Jadi Mitra Kerja yang ke 18, di tahun ini kami mengusung tema Smart & Innovative. Dalam Baha

Selengkapnya
AKTIVITAS NORMAL BARU DI TEMPAT KERJA
  • 27 Mei 2020

Panduan Aktivitas & Pencegahan COVID-19 di tempat Kerja Setelah 2 bulan lebih mengikuti protokol bekerja dari rumah

Selengkapnya
Pentingnya Spiritual Quotient (SQ) dan Hubungannya dengan Akhlak
  • 15 September 2021

Pernahkah kita merenungkan apa tujuan kita diciptakan di dunia? Siapa diri kita sebenarnya? Apa makna hidup kita? Atau p

Selengkapnya