blog_img1

Menjadi Profesional

  •   13 Oktober 2021

Profesionalisme adalah hal yang wajib dimiliki oleh seseorang di dunia kerja. Profesional di dunia kerja bisa berarti menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, melaksanakan tugas dengan baik, dan berperilaku sesuai profesi yang dijalani. Namun, profesionalisme tidak hanya berkaitan dengan ‘profesi’ yang menjadi kata dasarnya.

Profesionalisme tidak melulu soal bertanggung jawab dengan profesi atau karier yang sedang kita jalani. Lebih dari itu, sikap profesionalisme selalu dibutuhkan setiap orang di mana pun dan kapan pun.

Sebagai pribadi yang baik, bekerja profesional merupakan suatu keharusan. Adanya sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan loyalitas adalah profesionalisme yang tidak dapat ditawar. Begitu juga Anda, bila melakukan pekerjaan sepenuh hati, apa yang dikerjakan akan memberi nilai lebih, bagus, selesai tepat waktu dan hasilnya maksimal.

Sikap seperti ini memang tidak ditemukan pada semua orang. Hanya orang tertentu dengan etika profesional, sopan, mampu menghargai orang lain, dan memiliki sikap empati akan menunjukkan profesionalitas yang sebenarnya

Lalu, apa aja sih yang bisa dilakukan supaya kita bisa menjadi pribadi yang profesional? Terutama dalam dunia pekerjaan. Simak beberapa tips ini yuk.

1. Berpakaian rapi

Cara Anda berpakaian akan mencerminkan sikap kerja. Jadi pastikan Anda berpakaian dengan rapi dan mengesankan.

2. Bicara langsung ke intinya

Komunikasi yang jelas dan efektif sangat penting dan membuat Anda terlihat lebih profesional dibanding yang lain.

3. Berpikir obyektif

Jagalah kehidupan kerja seprofesional mungkin, jangan biarkan perasaan pribadi mengganggu pekerjaan.

4. Fokus di jam kerja

Hindari urusan pribadi yang bisa mengganggu fokusnya pekerjaan Anda.

5. Mudah bergaul

Mudah bergaul dengan rekan kerja lain merupakan hal yang penting, namun hindari untuk berkelompok di kantor, karena dapat membuat Anda terlihat tidak profesional. Selain itu, berusaha akrab dengan banyak orang di kantor dapat membuat pekerjaan lebih lancar.

6. Rajin belajar

Profesional hanya bisa diraih orang yang tak pernah berhenti belajar. Bersikaplah terbuka terhadap jenis pengalaman dan pelajaran baru.

7. Bekerja sistematis

Teratur dalam melakukan tugas harian merupakan salah satu kunci untuk menjadi profesional. Bekerja secara teratur dapat membuat pekerjaan diselesaikan dengan mudah dan tanpa hambatan.

Bekerja dengan profesional akan sangat membantu anda meraih karier yang cemerlang. Asalkan anda tetap fokus untuk menjaganya. Jadi, sudah siapkah anda menjadi orang yang profesional?

 

Sumber :

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/702781/7-tips-bisa-bekerja-profesional-di-kantor

https://www.qubisa.com/article/bekerja-secara-profesional

Artikel Lainya
GRIT Sebagai Kunci Kesukesan
  • 10 Februari 2022

Apakah Anda pernah bertanya kepada diri Anda mengenai sukses menurut versi Anda sendiri dan bagaimana cara Anda untuk me

Selengkapnya
Menebar Kasih Di Masa Pandemi
  • 23 Februari 2021

Pada bulan Februari, khususnya tanggal 14 Februari beberapa belahan di dunia merayakan Hari Kasih Sayang atau yang ser

Selengkapnya
Pentingnya Spiritual Quotient (SQ) dan Hubungannya dengan Akhlak
  • 15 September 2021

Pernahkah kita merenungkan apa tujuan kita diciptakan di dunia? Siapa diri kita sebenarnya? Apa makna hidup kita? Atau p

Selengkapnya